Di KTT IORA, Jokowi Serukan Internasionalisme Bung Karno

Image title
7 Maret 2017, 15:07
Joko Widodo KTT IORA
ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika pembukaan KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (7/3). KTT IORA yang dihadiri 21 anggota dan tujuh negara mitra dialog itu mengangkat tema “St

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan internasionalisme untuk mengatasi persoalan dunia. Hal itu disampaikannya di hadapan para pemimpin  21 negara anggota  Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA).

“Sebagaimana disampaikan secara amat bijaksana oleh pendiri Indonesia, Soekarno, lebih dari setengah abad lalu, internasionalisme tidak dapat hidup subur kalau tidak berakar dalam bumi nasionalisme. Sebaliknya, nasionalisme tidak bisa tumbuh subur kalau tidak hidup dalam taman sari internasionalisme,” kata Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IORA, Selasa (7/3).

Advertisement

Jokowi menilai, kata-kata yang disampaikan Proklamator Indonesia itu masih relevan dengan kondisi global saat ini. Di mana, dalam pergaulan internasional setiap negara pasti mengejar kepentingan nasionalnya masing-masing.

(Baca juga:  Cerita Jokowi Pernah Pekerjakan Tenaga Asing Saat jadi Pengusaha)

Ia berharap nasionalisme yang tumbuh bisa tetap memberikan kesempatan bagi terjalinnya hubungan internasional yang baik untuk kesejahteraan bersama. “Nasionalisme yang tulus yang melakukan apa yang benar untuk kesejahteraan jangka panjang rakyat kita, bukan untuk kepentingan sesaat,” katanya.   

Jokowi mengatakan persoalan pencemaran lingkungan dan bencana alam lintas negara memerlukan perhatian bersama. Pasalnya, Lingkar Samudera Hindia secara periodik selalu terjadi bencana alam yang dapat mengganggu jalannya roda perekonomian. Yang terbilang besar misalnya tsunami Aceh pada 2004 lalu, di mana dampaknya terasa hingga Afika Selatan.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement