Pertamina Cari Mitra Lokal Garap Ladang Minyak Iran

Anggita Rezki Amelia
10 Maret 2017, 14:23
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) tengah melakukan penjajakan kepada beberapa perusahaan minyak dan gas bumi (migas) lokal di Iran. Penjajakan ini untuk mencari mitra kerja sama Pertamina dalam menggarap dua lapangan minyak di negara tersebut.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan ada peraturan Iran yang mewajibkan perusahaan asing menggandeng perusahaan lokal, jika ingin menggarap lapangan migas di negaranya. Makanya Pertamina harus menjajaki perusahaan lokal Iran untuk diajak kerja sama.

Terkait kewajiban ini, tim dari Pertamina telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan migas nasional Iran, yakni National Iranian Oil Company (NIOC). Sebab NIOC telah mengantongi beberapa daftar perusahaan-perusahaan lokal yang bisa dijadikan mitra Pertamina. 

“Perusahaan lokal yang masuk list-nya NIOC cukup banyak, lebih dari 10 perusahaan. Kami sudah ada pembicaraan awal dengan beberapa diantaranya. Mudah-mudah jadi cerah," kata dia kepada Katadata, Jumat (10/3). (Baca: Arcandra Bantu Pertamina Kelola Lapangan Migas Jumbo di Iran)

Proses pencarian mitra lokal ini akan berjalan paralel dengan proses seleksi yang sedang berjalan. NIOC masih melakukan verifikasi terhadap perusahaan-perusahaan yang akan mengelola dua lapangan migas Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri.

Syamsu mengaku belum mengetahui kapan NIOC akan memutuskan hasil seleksi tersebut. Dia juga tidak memberitahu berapa perusahaan yang ikut seleksi ini dan berapa besar peluang Pertamina untuk lolos sebagai pemenang.

"Yang pasti Pemerintah Indonesia melalui Menko Perekonomian dan Wakil Menteri ESDM sudah menyampaikan juga keinginan Pertamina maupun Indonesia," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...