Cile akan Jadi Gerbang Ekspor Indonesia ke Amerika Latin

Pingit Aria
14 Maret 2017, 16:03
Pelabuhan Ekspor
Katadata

Pemerintah membidik Negara-negara di kawasan Amerika Latin sebagai pasar bagi komoditas ekspor Indonesia. Cile akan dijadikan mitra strategis sekaligus pintu masuk melalui Indonesia-Cile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC CEPA).

"Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Chile telah melaksanakan Perundingan Putaran Kedua dalam perdagangan barang (Trade in Goods / TIGs) IC CEPA pada 13-14 Maret 2017 di Jakarta," kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo, Selasa (14/3).

Iman menegaskan perundingan ini memiliki arti strategis bagi Indonesia dalam meningkatkan hubungan Indonesia di kawasan Amerika Latin. Kawasan ini merupakan pasar potensial di antara pasar nontradisional.

(Baca juga: Jokowi Ingin Tingkatkan Perdagangan dengan Afsel dan Sri Lanka)

"Cile merupakan penghubung atau hub dalam menerobos pasar kawasan Amerika Latin dengan produk domestik bruto per kapita US$ 12,9 ribu dan interkonektivitas yang lebih baik dengan negara-negara lainnya," kata Iman.

Putaran kedua ini merupakan tindak lanjut pertemuan bilateral Menteri Perdagangan RI dan Menteri Luar Negeri Cile di sela-sela pertemuan para menteri perdagangan APEC pada November 2016 di Lima, Peru. Kedua Menteri saat itu sepakat untuk mengaktifkan kembali perundingan IC CEPA setelah sebelumnya diselenggarakan pada 23-24 Mei 2014 di Santiago, Cile.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...