Indonesia Tujuan Investasi Pertama Singapura dengan Banyak Keluhan

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2017, 17:12
Proyek tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Indonesia menjadi negara tujuan investasi nomor satu para pengusaha Singapura. Meski begitu, para investor negeri jiran tersebut mengeluhkan sejumlah masalah yang dihadapinya saat menanamkan modal di Indonesia.

Berdasarkan data Singapore Business Federation tahun 2016, Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara yang menarik untuk investasi. Posisi tersebut naik dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat ketiga.

Posisi pertama itu tercermin dari nilai investasi Singapura di Indonesia yang selalu menempati posisi pertama selama lima tahun berturut-turut. Tahun lalu, realisasi investasi Singapura di Indonesia mencapai US$ 9,1 miliar. Sedangkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi Singapura selama lima tahun terakhir mencapai US$ 30.1 miliar.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya, investasi terbesar negara singa itu mengalir ke DKI Jakarta. "Investasinya total paling besar ke DKI Jakarta, lalu kedua Sumatera Selatan, serta ketiga di Banten," katanya dalam acara Grand Launching Indonesia Investment Week - Singapore Chapter 2017 di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (14/3).

(Baca: Jokowi Tagih Komitmen Investasi Coca Cola Rp 6,7 Triliun)

Meski begitu, dia mengungkapkan sejumlah keluhan yang disampaikan oleh investor Singapura. Pertama, masalah lahan. Swajaya mencontohkan, ada perusahaan dari Singapura yang berkomitmen investasi hingga US$ 400 juta. Namun, hal tersebut urung terlaksana hingga 3 tahun karena masalah lahan. "Ternyata (perubahan) tata ruangnya belum selesai."

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...