Menteri Rini Targetkan Laba Pertamina Saingi Shell dan Chevron

Miftah Ardhian
15 Maret 2017, 13:23
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong PT Pertamina (Persero) untuk mencetak laba lebih besar. Rini menargetkan perusahaan pelat merah ini bisa masuk tiga besar perusahaan minyak dan gas (migas) dengan pendapatan tertinggi di dunia bersama Shell dan Chevron.

Rini menjelaskan, saat ini, Pertamina memang merupakan salah satu BUMN dengan kinerja yang memuaskan. Tahun lalu, Pertamina diklaim telah mengalahkan perusahaan migas milik Malaysia, yakni Petronas dengan mencetak laba sekitar Rp 42 triliun.

Rini mengatakan, dengan pencapaian tersebut, Pertamina masih bertengger di posisi belasan sebagai perusahaan migas dengan penghasilan terbesar. Ia berharap Pertamina bisa naik kelas sesuai targetnya dalam lima tahun. "Jadi targetnya minimal tiga besar, lima tahun lah yah," ujar Rini di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (15/3).

(Baca juga: Lewat Kompromi, Elia Massa Manik Segera Jadi Dirut Pertamina)

Menurut Rini, Pertamina sudah cukup baik dalam melakukan efisiensi. Tercatat, BUMN tersebut mampu melakukan penghematan sebesar Rp 26 triliun sepanjang 2016 lalu. Pertamina juga mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko WIdodo (Jokowi) karena kinerja manajemennya yang cukup baik.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...