Wapres Amerika Serikat Akan Temui Jokowi, Bahas Freeport?

Ameidyo Daud Nasution
15 Maret 2017, 20:21
Jokowi
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam pembukaan The 16th Annual Forbes Global CEO Conference Tahun 2016, di Hotel Shangri-la, Jakarta (29/11)

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence akan menemui Presiden Joko Widodo di Jakarta. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan kunjungan Pence direncanakan pada tanggal 20 April atau satu hari setelah pencoblosan Pilkada DKI Jakarta tahap kedua.

Kunjungan Pence akan menyusul kedatangan Presiden Prancis Francois Hollande yang dijadwalkan pada akhir bulan Maret ini. "Ini rencananya ya, mudah-mudahan akan segera fix," kata Pramono di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3).

(Baca juga: Ekspor Perhiasan Turun, Surplus Neraca Dagang Februari Menyusut)

Menurut Pramono, Pence dengan Jokowi akan membahas materi pertemuan G20. Pertemuan para kepala Negara dari 20 kekuatan ekonomi terbesar dunia itu akan digelar di Hamburg, Jerman, pada Juli 2017 mendatang.

Lalu, apakah Pence juga akan membawa kepentingan Freeport dalam pertemuan dengan Jokowi? Pramono belum bisa memastikannya. "Bahwa nanti ada pembahasan itu (Freeport), saya tidak tahu karena materi belum diberikan," ujar Pramono.

Grafik: 10 Negara dengan Kontribusi Pemanasan Global Terbesar

Sebelum Pence dan Hollande, Jokowi juga telah menerima beberapa kepala Negara lain seperti Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, serta Raja Salman dari Arab Saudi. Selain itu, Indonesia juga baru menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA).

(Baca juga: Sri Mulyani: Investor Amerika Lebih Minati Surat Utang Indonesia)

Hal tersebut, menurut Pramono, menunjukkan Indonesia memiliki stabilitas politik dan ekonomi yang diakui dunia. "Ini menunjukkan bahwa dalam konteks global menjadi tumpuan dari pertumbuhan ekonomi dunia yang pesat saat ini," katanya.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...