Indonesia Berpeluang Segera Raih Peringkat Layak Investasi dari S&P

Martha Ruth Thertina
16 Maret 2017, 15:22
Gedung pertumbuhan
Arief Kamaludin|KATADATA

Indonesia diproyeksi bakal segera mengantongi peringkat layak investasi (investment grade) dari lembaga pemeringkat internasional, Standard and Poor’s Financial Services LLC (S&P). Sejauh ini, hanya S&P yang belum memberikan peringkat tersebut untuk Indonesia. Kenaikan peringkat ini bakal mendorong arus investasi yang lebih besar ke dalam negeri.

Ekonom Bank Central Asia David Sumual memprediksi, S&P bakal menaikkan peringkat Indonesia pada Mei mendatang. Apalagi, lembaga pemeringkat lainnya, yaitu Moody’s Investors Service dan Fitch Ratings sudah duluan menaikkan peringkat Indonesia, bahkan belakangan memberikan proyeksi positif. Artinya, ada peluang kenaikan lebih lanjut peringkat Indonesia satu level di atas layak investasi.  

“Moody’s dan Fitch sudah memberikan prospek positif, artinya dalam enam bulan, mereka bisa naikkan (lagi), S&P bisa ketinggalan dua notch. Kalau begitu (tidak naikkan), mereka (S&P) bisa dianggap tidak kredibel,” ujar David kepada Katadata, Rabu (15/3). Maka itu, ia meramalkan S&P bakal segera memberikan peringkat layak investasi untuk Indonesia.

(Baca juga: Sri Mulyani: Investor Amerika Lebih Minati Surat Utang Indonesia)

Lebih jauh, ia menilai, kenaikan peringkat disokong oleh kondisi ekonomi Indonesia yang membaik. “Kondisi fiskal (membaik), kondisi NPL (non performing loan/kredit macet bank) normal, memang naik karena pasca penurunan harga komoditas, tapi masih jauh di bawah batas (threshold),” ucapnya. Selain itu, permodalan bank juga kuat.

Bila betul-betul mendapatkan peringkat layak investasi dari S&P, ia meyakini investasi langsung dari pemodal asing (Foreign Direct Investment/FDI) bakal menguat. Ia melihat potensi kenaikan FDI dari Jepang, Korea Selatan, Cina, dan Eropa. “Saya (sempat) ketemu delegasi bisnis dari Swiss, Jerman, mereka tertarik (dengan Indonesia),” ucapnya.

Ekonom Bahana Securities Fakhrul Fulvian juga melihat adanya peluang peningkatan investasi ke depan menyusul menguatnya ekspektasi pasar tentang kenaikan peringkat Indonesia. “Arus modal ke pasar obligasi diperkirakan masih akan mengalir seiring dengan ekspektasi adanya kemungkinan S&P menaikkan rating Indonesia dalam waktu dekat,'' ujarnya.

Peringkat layak investasi menjadi penting sebab menunjukkan risiko gagal bayar (default) utang pemerintah atau perusahaan relatif rendah. Dengan adanya peringkat itu, investor makin percaya  menempatkan dananya dalam instrumen keuangan dan investasi berjangka panjang. (Baca juga: BI Tagih Peringkat Kredit 406 Korporasi Pengutang Luar Negeri)

Moody’s dan Fitch sudah sejak lama menghadiahkan Indonesia peringkat layak investasi. Pada Desember lalu, Fitch bahkan memberikan prospek positif terhadap peringkat Indonesia. Langkah tersebut kemudian diikuti Moody’s pada Februari lalu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...