Pembeli Belum Siap, Produksi Gas Lapangan Madura BD Tertunda

Anggita Rezki Amelia
20 Maret 2017, 10:27
Rig Minyak
Katadata

Lapangan Madura BD yang berada di Blok Madura Strait, Jawa Timur, batal berproduksi bulan ini. Padahal, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan lapangan minyak dan gas bumi (migas) yang dioperatori Husky-CNOOC Madura Ltd (HCML) ini bisa mengalirkan migas kepada pembelinya pada Maret 2017.

Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan mengatakan, salah satu penyebab Lapangan Madura BD belum berproduksi karena masih menunggu kesiapan pembeli gas. Hingga kini fasilitas gas dari para pembeli tengah dalam proses pembangunan. (Baca: Maret 2017, Dua Lapangan Migas Ditargetkan Mulai Berproduksi)

Di sisi lain, HCML sebenarnya telah siap  mengalirkan produksi gas kepada pembelinya. "Jadi baru bisa onstream jika buyer-nya siap menerima gas," kata Muliawan kepada Katadata, Sabtu (18/3) lalu.

Pembeli gas Lapangan Madura BD adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Inti Alasindo Energy. Fasilitas gas dari PGN  baru selesai awal April nanti, sementara fasilitas gas Inti Alasindo Energy rampung Juni mendatang.

Sesuai amendemen kontrak kedua pada 22 Mei 2015, PGN akan menyerap gas Lapangan Madura BD sebesar 20 miliar british thermal unit per hari (BBTUD) selama 20 tahun. Sementara  PT Inti Alasindo Enery akan menyerap gas sebesar 40 BBTUD selama 20 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...