Pertamina EP Temukan Cadangan Baru Gas di Papua Barat

Anggita Rezki Amelia
23 Maret 2017, 11:32
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina EP berhasil menemukan indikasi cadangan baru minyak dan gas bumi (migas) di Papua Barat. Temuan ini merupakan hasil kegiatan pemetaan atau survei seismik 2D Kupalanda yang telah diselesaikan tahun lalu.

Pelaksana tugas Harian Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan, temuan cadangan itu banyak didominasi gas bumi. Namun, temuan tersebut masih terus dievaluasi oleh Pertamina EP.

(Baca: Pertamina EP Siapkan Rp 10 Triliun Cari Tambahan Cadangan Migas)

Evaluasi ini diharapkan dapat berjalan baik. Jika tidak ada aral melintang selama proses evaluasi, Pertamina EP akan mulai melakukan pengeboran sumur eksplorasi tahun depan. Tujuannya untuk membuktikan besaran temuan cadangan gas bumi di Kupalanda.

Lokasi survei Kupalanda ini berdekatan dengan kilang gas alam cair (LNG) Tangguh yang dioperasikan BP Indonesia dan Blok Kasuri yang di kelola Genting Oil. Dengan temuan ini, Nanang  berharap bisa mengikuti jejak BP Tangguh yang berhasil memproduksi  LNG di Papua. "Mudah-mudahan, karena sudah beberapa terbukti bahkan sudah jadi LNG di Tangguh," kata dia di Jakarta, Rabu (22/3).

Ia belum bisa menentukan jadwal produksi gas tersebut. Hal ini tergantung dari pembuktian cadangan dari kegiatan eksplorasi. Jika mengacu pengalaman, Tangguh baru berproduksi 15 sampai 20 tahun. Namun, jika temuan gas di Kupalanda besar maka produksi bisa lebih cepat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...