Elia Manik Akan Buat Anak Usaha Pertamina Saling Bersinergi

Anggita Rezki Amelia
24 Maret 2017, 10:51
No image

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik mengatakan akan melakukan sinergi anak-anak usaha Pertamina yang kini jumlahnya mencapai 24 perusahaan. Sinergi ini bertujuan agar kinerja perusahaan menjadi lebih terarah dan efisien. 

Elia menjelaskan bentuk sinergi yang akan dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Pertamina secara maksimal. Nantinya perusahaan akan memberi pelatihan berupa pendidikan bagi tiap-tiap karyawan Pertamina.

Pelatihan ini dilakukan agar karyawan mampu ditempatkan ke beberapa sektor bisnis yang sudah ada di Pertamina, baik sektor hulu migas, pengolahan, hingga pemasaran Pertamina. Dengan sinergi ini, Pertamina tidak perlu lagi mencari SDM dari luar.

“Saya katakan orang-orang itu harus holistic, jangan udah masuk di sektor hilir, di hilir terus. Kami mau SDM kami bisa juga bekerja di pengolahan dan lain-lain,” kata dia saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/3). (Baca: Tenggat 3 Bulan, Elia Minta Direksi Pertamina Bebas Kepentingan)

Saat ini Pertamina memiliki 24 anak usaha yang membawahi 132 cucu usaha. Dengan jumlah sebanyak itu, kata Elia, Pertamina sudah seperti perusahaan holding yang menjadi induk dari ratusan perusahaan tersebut.

Dia mengakui bahwa kinerja anak-anak usaha Pertamina itu belum maksimal dalam menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan. “Kalau saya lihat services (perusahaan jasa) kayak Elnusa, Pelita Air, sama Pertamina Transcontinental ini enggak terintegrasi,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...