Pemerintah Latih Buruh Migran Bahasa Pemrograman

Image title
24 Maret 2017, 19:41
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan memberikan pelatihan teknologi informasi, khususnya bahasa pemrograman, bagi buruh migran Indonesia (BMI) di luar negeri. Pelatihan bertajuk Coding Mum ini bertujuan untuk membekali para BMI keahlian yang dapat berguna untuk memulai bisnis online ataupun bekerja sebagai programmer saat mereka kembali ke Indonesia.

“Coding Mum dapat menjadi gerakan nasional yang mampu mengatasi permasalahan tingginya kebutuhan tenaga programmer di Indonesia,” kata Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam peluncuran Coding Mum Asia di Kantor Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Jumat (24/3).

Advertisement

Triawan mengatakan Coding Mum merupakan salah satu program Bekraf untuk mencapai sasaran penyerapan 17 juta tenaga kerja di sektor industri ekonomi kreatif pada 2019. Sebelumnya, Februari 2016 lalu Coding Mum telah diselenggarakan di 5 kota di Indonesia yakni Malang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bogor, dan Makasar dengan jumlah peserta mencapai 170 orang.

(Baca: Jokowi Perintahkan BUMN Masuk Bisnis Digital)

Dia mengklaim para peserta Coding Mum saat ini telah diterima bekerja di beberapa perusahaan seperti Tokopedia, ProCode CG, Labtek Indie, PT Digital Makmur Sejahtera, dan perusahaan luar negeri, sebagai Front End Programer Website. Selain itu, ada beberapa peserta lain yang sudah membuat bisnis online. Makanya dengan mencontek keberhasilan di dalam negeri, program Coding Mum akan dijalankan di luar negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement