Hanya 40 Persen Penduduk Bisa Beli Rumah Tanpa Bantuan Pemerintah

Desy Setyowati
27 Maret 2017, 16:49
Properti
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti bahaya tingginya tingkat urbanisasi di Indonesia yang memicu masalah kebutuhan perumahan di perkotaan. Padahal, hanya sekitar 40 persen penduduk Indonesia yang punya kemampuan membeli rumah secara mandiri alias tanpa bantuan pemerintah.

Menurut dia, pertumbuhan urbanisasi di Indonesia saat ini tergolong tinggi yaitu mencapai 4,1 persen. Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan dua negara dengan populasi tinggi, yakni Cina sebesar 3,8 persen dan India 3,1 persen.

Advertisement

Kondisi ini menimbulkan banyak persoalan, mulai dari kesenjangan ekonomi, penyediaan rumah dan infrastruktur dasar, hingga stabilitas politik. Bahkan, tidak heran jika persoalan perumahan menjadi salah satu isu panas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta saat ini.

“Pertumbuhan (populasi urbanisasi) menggambarkan daerah perkotaan penuh sesak, maka kebutuhan perumahan itu menjadi sangat penting,” kata Sri Mulyani dalam acara lnvestor Gathering 2017 bertajuk “Peran Perusahaan Pembiayaan Sekunder Perumahan dalam Program Pemerintah” di Jakarta, Senin (27/3).

Ia mencatat, hanya 40 persen dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia saat ini yang mampu membeli rumah tanpa bantuan pemerintah. Adapun, sebanyak 40 persen lagi bisa membeli rumah jika diberi subsidi pemerintah. Bahkan, sisanya sebanyak 20 persen penduduk termiskin tidak bisa membeli rumah meski sudah disubsidi pemerintah.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement