Pertamina dan PGN Ditugaskan Bangun Jaringan Gas di 9 Daerah

Anggita Rezki Amelia
29 Maret 2017, 21:00
pipa gas Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menugaskan PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membangun jaringan gas (jargas) di sembilan wilayah di Indonesia. Dana pembangunannya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp 1,4 Triliun.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, sembilan wilayah itu yakni Musi Banyuasin, Kota Bandar Lampung, Kota Mojokerto, Kota Pekanbaru, Kabupaten Pali, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Mojokerto, Kota Samarinda, dan Kota Bontang. Total pembangunan jargasnya mencapai 60 ribu sambungan rumah tangga (SR). 

Advertisement

(Baca: Jaringan Gas Kota Terbesar di Indonesia Mulai Beroperasi)

Menurut dia, pemilihan sembilan lokasi itu karena dekat dengan lokasi sumur gas, seperti yang ada di Bontang dan Muara Enim. ''Jadi gasnya juga lebih murah,'' kata dia di Jakarta, Rabu (29/3).

Demi memperlancar proses pembangunannya, Wiratmaja dan perwakilan pemerintah daerah dari sembilan wilayah itu meneken nota kesepahaman, Rabu ini. Lewat kesepakatan itu,  kendala nonteknis yang berpotensi menghambat pembangunan jargas untuk rumah tangga, seperti perizinan dan permasalahan sosial, diharapkan dapat segera diselesaikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement