Tingkatkan Kolaborasi, Pesan Taksi Blue Bird Bisa Lewat Go-Jek

Miftah Ardhian
30 Maret 2017, 15:35
Gojek Bluebird
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri peluncuran aplikasi Go-Bluebird di Jakarta, Kamis, (30/3).

Penyedia aplikasi transportasi PT Go-Jek Indonesia resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk. Mereka meluncurkan fitur bersama, yakni Go-Blue Bird. Fitur ini akan memudahkan pengguna memesan taksi Bluebird dengan cepat melalui aplikasi Go-Jek. Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar masing-masing perusahaan.

CEO Go-jek Nadiem Makarim mengatakan sebelumnya telah bekerja sama dengan Blue Bird dalam penggunaan fitur Go-Car yang ada di aplikasi Go-jek. Kerja sama kali ini adalah menyediakan fitur khusus untuk memesan taksi Bluebird dalam aplikasi Go-jek melalui fitur Go-Blue Bird ini.

Advertisement

Saat ini, Blue Bird memiliki sekitar 35,000 armada pada 18 lokasi di Indonesia. Sementara Go-Jek telah diunduh sebanyak lebih dari 40 juta kali. Kerja sama ini akan memberikan akses bagi pengemudi Blue Bird dan armadanya dengan pengguna aplikasi Go-jek. Untuk tahap awal, kerja sama ini akan berjalan di lima wilayah yaitu Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, dan Semarang.

(Baca: Tambah Armada, Uber Gandeng Taksi Express)

Kerja sama ini diharapkan akan menjadi pintu untuk kolaborasi yang lebih besar lagi untuk meningkatkan pasar masing-masing. "Selain itu, kerja sama ini bisa menjadi contoh bahwa kolaborasi yang baik justru akan bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat umum, para pekerja sektor informal, juga nantinya bisa menguntungkan pada pertumbuhan ekonomi," ujar Nadiem saat acara peluncuran fitur Go-Blue Bird di Jakarta, Kamis (30/3).

Nadiem menjelaskan, terdapat perbedaan apabila memesan taksi Blue Bird dengan menggunakan fitur Go-Car dan Go-Blue Bird. Dalam fitur Go-Car, pengguna hanya bisa mendapatkan taksi Blue Bird jika memang tidak ada mitra pengemudi Go-Car di sekitarnya. Jika mendapatkan taksi Blue Bird, maka tarif akan berlaku tetap mengikuti mekanisme tarif Go-Car.

(Baca: Perang Tarif Hilang, Menhub Prediksi Tarif Taksi Konvensional Turun)

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement