Pandeglang Tawarkan Lahan Perhutani untuk Bandara Baru

Maria Yuniar Ardhiati
3 April 2017, 10:43
Pandeglang
Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan tengah mengkaji lokasi untuk rencana pembangunan Bandara Pandeglang. Bupati Pandeglang Irna Narulita menawarkan lokasinya di wilayah Kecamatan Sobang.

Irna pun mengklaim pihaknya sudah meminta izin kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. "Ibu Menteri Lingkungan Hidup sudah memberi izin penggunaan lahan Perhutani seluas lebih dari 540 hektare untuk lokasi bandara," ujar Irna dalam keterangan resmi, Sabtu (1/4).

Advertisement

(Baca: Kemenhub Tawarkan Lima Bandara Kepada Angkasa Pura)

Lokasi lainnya yang ditawarkan adalah Kecamatan Panimbang, yang  sempat dipilih pada proses penetapan lokasi tahun 2010-2015. Penetapan lokasi sebelumnya dan kali ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Penetapan lokasi ini mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 20 Tahun 2014 tentang tata cara dan prosedur penetapan lokasi bandar udara. Pemerintah mentargetkan penetapan lokasi ini bisa rampung dalam satu bulan ke depan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menyatakan bahwa penetapan lokasi ini untuk membantu mempercepat pengembangan wilayah selatan Pulau Jawa. Selama ini ada ketimpangan pengembangan wilayah antara daerah selatan dan utara Jawa.

"Kalau ada potensi pengembangan wilayah di daerah selatan, akan didukung 100 persen oleh Pemerintah Pusat," kata Agus.  (Baca: Agustus, Penerbangan Internasional Pindah ke Terminal 3 Soekarno Hatta)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement