Bappenas Ingin Seperti di Korea, Budaya jadi Modal Pembangunan

Image title
4 April 2017, 17:46
bappenas
KATADATA

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai bahwa aneka kebudayaan di Tanah Air bisa menjadi modal dalam pembangunan. Hal itu telah dibuktikan oleh beberapa Negara besar di Asia Timur.

"Lihat misalnya Korea Selatan, Jepang, atau Cina yang mampu mengakselerasi pembangunan sosial-ekonomi berbasis kebudayaan, dengan melakukan kapitalisasi atas nilai-nilai dan kekayaan budaya melalui suatu proses
modernisasi," ujar Bambang dalam seminar "Peran Kebudayaan Dalam Pembangunan Nasional" di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (4/4).

Bambang juga menyatakan bahwa kapitalisasi budaya di Indonesia sebenarnya telah muncul, meski dalam skala kecil di daerah-daerah. Ia pun mengapresiasi para pemimpin daerah yang punya inisiatif memanfaatkan kearifan lokal sebagai modal pembangunan. Itulah sebabnya beberapa daerah seperti Bali, Yogyakarta, hingga kota Bandung bisa memiliki industri kreatif yang kontribusinya besar buat pendapatan asli daerah (PAD).

Advertisement

(Baca juga:  Bappenas Ingin Pekerja Informal Mendapat Jaminan Pensiun)

Sementara, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menilai wajar adanya kesenjangan dalam pengembangan budaya antardaerah. Sebab, akses masyarakat terhadap sarana dan prasarana kebudayaan belum merata dan tidak adil.

Hal tersebut membuat masyarakat yang tinggal di kota kecil kesulitan untuk mengembangkan kegiatan kebudayaan. "Dan belum ada perhatian khusus terhadap pelaku kebudayaan di perdesaan," ucap Hilmar dalam acara yang sama.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement