Penjualan Jam Tangan Mewah Swiss Terjepit Tren Jam Pintar

Maria Yuniar Ardhiati
4 April 2017, 14:59
Jam Smartphone
Youtube

Pameran jam besar-besaran, Baselword di Swiss, berakhir senyap pada pekan lalu. Biasanya, di ajang tersebut, para produsen di "Negara Jam" ini saling berlomba memamerkan produk barunya untuk mendulang penjualan tinggi. Namun, kini, pasar jam, khususnya jam mewah asal Swiss semakin terjepit oleh tren jam pintar (smartwatch).

Selama lebih tiga dekade, jam tangan Swiss sempat merajai pasar dunia dengan nilai ekspor saban tahun sekitar US$ 20 miliar. Namun, sejak lebih setahun terakhir, nilai penjualannya terus menurun.

Advertisement

Sebagai gambaran, federasi industri jam Swiss mencatat, ekspor jam tangan dari negara itu pada Agustus 2016 turun hampir 9 persen menjadi 1,4 miliar franc Swiss. Ini merupakan penurunan berturut-turut dalam 14 bulan.  

Sedangkan Swatch, produsen terbesar jam di dunia, memperkirakan penurunan keuntungan 47 persen di awal tahun ini. Pada Februari lalu, ekspor perusahaan-perusahaan jam asal Swiss merosot 10 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. (Baca: Inggris Tinggalkan Uni Eropa, Pasar Keuangan Dunia Guncang)

Para produsen jam Swiss yang rata-rata berumur ratusan tahun, mulai menyadari masa keemasan mereka dengan pertumbuhan yang tinggi pada tahun 2004 hingga 2012, sulit terulang kembali. Kala itu, menurut Thomas Chauvet, analis dari Citi seperti dilansir The Economist, Kamis (30/3), pembeli dari Cina mencapai separuh dari total penjualan jam asal Swiss.

Kini, penjualannya terus merosot seiring krisis finansial dan perlambatan ekonomi Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Saking beratnya tekanan yang dihadapi, Bloomberg menyebut kondisi saat ini sebagai "badai sempurna" bagi perusahaan jam tangan asal Swiss.

Penguatan mata uang franc Swiss dan gencarnya kampanye antikorupsi di Tiongkok serta jatuhnya renminbi, telah memangkas permintaan jam dari Tiongkok. Ditambah lagi, kenaikan harga emas memukul penjualan jam tangan mewah.

(Baca: Demi Jual iPhone 7 di Indonesia, Apple Investasi Rp 585 Miliar)

Di sisi lain, jam pintar terus menggerogoti pasar jam tangan Swiss. Bahkan, sejak awal 2016 lalu, penjualan smartwatch untuk pertama kalinya telah melampaui jam tangan Swiss.  

Meskipun demikian Apple Watch telah berhasil meningkatkan pangsa pasar dan menjadi pembuat jam paling populer kedua di dunia, di belakang Rolex.

Berdasarkan laporan Strategy Analytics, pengiriman jam pintar pada akhir 2015 mencapai 8,1 juta unit. Jumlahnya lebih tinggi dibandingkan pengiriman jam tangan Swiss sebanyak 7,9 juta unit. Penjualan jam pintar melonjak 316 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari 8,1 juta jam pintar itu, sebanyak 5,1 juta merupakanbuatan Apple Inc. (iWatch). Selain itu, sebanyak 1,3 juta adalah jam pintar Samsung, dan sisanya dari produsen lain. Tak heran, Apple kini diakui sebagai produsen jam terbesar kedua di dunia setelah Rolex.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement