PT KAI Tambah Dua Perjalanan Kereta ke Danau Toba

Ameidyo Daud Nasution
6 April 2017, 11:19
Kereta
Arief Kamaluddin | Katadata

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah frekuensi perjalanan kereta dari stasiun Medan menuju stasiun Pematangsiantar. Penambahan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan selama ini perjalanan kereta api antar stasiun Medan ke Pematagsiantar hanya satu kali pulang pergi setiap harinya. Edi mengatakan nantinya akan ada penambahan sehingga paling tidak frekuensi perjalanan menjadi tiga kali pulang pergi.

Advertisement

"Kita tambahkan nanti frekuensinya," kata Edi ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (5/4) kemarin.

(Baca juga:  Tol Danau Toba dan Serang-Panimbang Dibangun Semester Ini)

Untuk mendukung penambahan frekuensi perjalanan, maka PT KAI akan menambah setidaknya dua kereta lagi di rute Medan - Pematangsiantar. Dirinya juga saat ini masih menghitung berapa kebutuhan dana penambahan frekuensi tersebut. "Namun nanti menggunakan Public Service Obligation (PSO)," katanya.

Dirinya juga memastikan akan ada perbaikan infrastruktur di ruas rel kereta Medan - Pematangsiantar. Namun perbaikan sarana dan prasarana tersebut akan dilakukan secara simultan dengan penambahan frekuensi yang akan dilakukan. "Sambil jalan nanti kami perbaiki infrastrukturnya," kata Edi.

Selain transportasi kereta, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan jalan tol Kuala Tanjung-Parapat yang merupakan perpanjangan dari ruas tol Tebing Tinggi-Parapat dengan jarak 143 kilometer. Adapun, nilai investasi proyek tersebut mencapai Rp 13,4 triliun.

(Baca juga:  Tana Toraja Bakal Jadi Kawasan Wisata Prioritas)

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menargetkan tol baru ini akan masuk konstruksi pada semester I tahun ini. Desi mengatakan, setelah PPJT maka pihaknya akan segera melakukan lelang konstruksi.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement