Diminati Korean Air, Pemerintah Akan Benahi Bandara Lombok

Miftah Ardhian
10 April 2017, 17:14
Wisata pantai
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Wisatawan menikmati pemandangan Gunung Rinjani saat matahari terbit di pinggir pantai Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (24/2/2017).

Maskapai Korean Airlines melalui anak usahanya menyatakan minat untuk membuka rute penerbangan ke Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun untuk merealisasikan rencana ini, pemerintah perlu lebih dulu merevitalisasi Bandara tersebut.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman (BKPM) Thomas Lembong mengatakan rencana pembukaan rute dari Seoul ke Lombok itu akan dilakukan oleh Korean Airlines melalui anak usahanya yakni Jin Air. Rencananya, maskapai berbiaya murah akan menggunakan pesawat berbadan lebar jenis dalam penerbangan ini.

Advertisement

"Saya sudah dapat surat resmi dari Chairman Korean Air. Dia punya satu anak perusahaannya namanya Jin Air. Bahkan dia sudah siap terbangkan Boeing 777, pesawat besar ke Lombok," kata Lembong di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Senin (10/4).

(Baca juga: Imlek Berlalu, Jumlah Turis Asing Pada Februari di Bawah 1 Juta Orang)

Rencana penggunaan pesawat jumbo itulah yang membuat pemerintah harus melakukan beberapa penyesuaian di bandara. "Tapi perlu modifikasi di bandara, di ujung runway itu untuk pesawat segede itu bisa putar balik," ujarnya.

Selain itu, Lembong mengatakan, pemerintah juga harus memperbaiki sistem navigasi dan radar bandara. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan pesawat-pesawat pesawat besar tetap bisa melakukan penerbangan dan pendaratan di cuaca yang buruk sekalipun.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement