Pemerintah Bentuk Tim Negosiasi Divestasi Harga Saham Freeport

Miftah Ardhian
13 April 2017, 17:12
Freeport Indonesia
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah sedang membentuk tim untuk melakukan negosiasi pelepasan (divestasi) 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Tim ini nantinya akan menilai harga saham Freeport dan bernegosiasi dengan perusahaan tambang tersebut.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa tim ini juga akan diisi perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, kerja tim ini masih harus menunggu payung hukum.

"Timnya baru diajukan dari Kementerian BUMN ke Kementerian ESDM. Tapi kami tunggu formalnya karena belum dikeluarkan (Surat Keputusan) Kementerian ESDM," ujar Budi saat ditemui di Hotel Ritz-Charlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (13/4).

(Baca juga: Revisi 44 Kontrak Tambang Terganjal, Jonan Minta Arahan Jokowi)

Dari pihak Kementerian BUMN sendiri, Budi mengatakan, dirinya bersama dengan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Fajar Harry Sampurno akan masuk tim itu. Namun, dirinya masih belum mengetahui siapa saja yang akan mengisi tim tersebut dari Kementerian lainnya.

Budi pun berharap, proses negosiasi selama 120 hari yang dilakukan Kementerian ESDM bersama Freeport ini sudah dapat dirampungkan. Dengan demikian, tim tersebut bisa langsung melakukan negosiasi untuk pembelian saham Freeport.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...