Tiga Eksekutif Pertamina Pimpin Perusahaan Migas Prancis

Anggita Rezki Amelia
17 April 2017, 10:23
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Internasional Ekplorasi dan Produksi (PIEP), telah menuntaskan proses akuisisi Maurel & Prom (M&P). Alhasil, Pertamina menempatkan tiga eksekutifnya sebagai Chairman dan jajaran direksi di perusahaan migas asal Prancis tersebut.

Ketiga eksekutif yang baru ditempatkan itu adalah Aussie B. Gautama sebagai  Chairman. Dua eksekutif lainnya adalah Huddie Dewanto dan Maria R. Nellia, sebagai anggota Dewan Direksi Maurel. Sebelumnya, Pertamina telah menempatkan satu orang eksekutif yaitu Denie S. Tampubolon sebagai direktur. Denie saat ini Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina.

(Baca: Pertamina Selesaikan Proses Akuisisi Maurel & Prom)

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, penempatan tiga eksekutif Pertamina itu telah ditetapkan melalui rapat dewan Maurel & Prom di Paris, Prancis, pada 10 April lalu. “Ketiga eksekutif tersebut adalah profesional berpengalaman yang telah disetujui oleh direksi sebagai representasi Pertamina dalam mengembangkan aktivitas internasional,” katanya, Minggu (16/4).

Sekadar informasi, Aussie Gautama saat ini menjabat Senior Principal Advisor E&P di CEO Office Pertamina. Di Maurel, dia menggantikan Jean-François Hénin. Aussie memiliki pengalaman sebagai Geology & Geophysics Manager di Total Libya, Vice President Geosciences & Reservoir Total E&P Indonesie, dan terakhir sebagai Deputi Perencanaan SKK Migas sebelum bergabung dengan Pertamina.

Sedangkan Huddie saat ini menjabat Direktur Keuangan dan Komersial Pertamina Internasional dan sebelumnya merupakan perwakilan Indonesia di OPEC. Ia juga pernah menjabat Vice President Financing sebelum menjadi Direktur Keuangan PT Pertamina Algeria EP.

(Baca: Jonan Selektif Lepas Blok Migas yang Habis Kontrak ke Pertamina)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...