Empat Bank BUMN Tunggu Kajian BI untuk Gabung Kartin1

Miftah Ardhian
18 April 2017, 13:10
Gedung Bank Mandiri
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Mandiri diklaim sebagai salah satu bank BUMN yang tertarik bergabung dalam platform Kartin1.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengklaim beberapa bank pelat merah telah menyatakan minat untuk melengkapi fitur Kartu Indonesia Satu alias Kartin1. Namun, realisasi rencana ini masih menunggu kajian Bank Indonesia.

"Empat bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sudah menyatakan minat, tapi BI masih perlu melakukan kajian," ujar Direktur Teknologi Informasi Perpajakan Ditjen Pajak Iwan Djurniadi dalam media gathering pajak di Hotel BW Suites, Belitung, Senin malam (17/4).

Iwan menyebut, keempat bank BUMN yang telah menyatakan minat untuk turut dalam sistem pembayaran Kartin1 adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Namun, keempatnya masih membutuhkan izin Bank Indonesia untuk masuk ddalam sistem kartu pembayaran.

(Baca juga:  Setelah Kartin1, Pembayaran dan Pelaporan Pajak Bisa Lewat Kios)

Menurutnya, apabila perbankan BUMN boleh bergabung dalam platform Kartin1 ini, maka masyarakat akan mendapatkan banyak keuntungan. Sebab, dengan satu kartu, masyarakat bisa mendapat layanan pajak hingga mengambil uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Iwan juga berharap Kartin1 ini bukan hanya menjadi platform pembayaran, tapi juga bisa menjadi identitas digital. "Kemudian bisa juga mendukung program pemerintah dalam menerapkan subsidi, karena itu sudah ada sidik jari dan tidak bisa dialihkan ke yang lain," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...