Tak Maksimal Tahun Lalu, KKP Siap Bagikan 1.068 Kapal Tahun Ini

Image title
18 April 2017, 19:18
Nelayan Tuna
Donang Wahyu|KATADATA
Nelayan mendorong perahu Pakura miliknya untuk melaut. Pakura banyak digunakan oleh nelayan-nelayan Filipina untuk menangkap tuna.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan dana Rp 467 miliar untuk pengadaan 1.068 unit kapal perikanan berbagai ukuran pada tahun ini. Kapal-kapal itu akan dibagikan ke koperasi nelayan di seluruh Indonesia.

KKP tetap melanjutkan program ini, meski realisasi pengadaan dan penyaluran kapal bantuan tahun lalu hanya mencapai 43,74 persen atau 752 unit dari target sebanyak 1.719 kapal

Advertisement

“Untuk 2017 sudah kami rancang dengan hati-hati melalui verifikasi program tahun 2010-2016. Yang berjalan kurang baik akan kami tarik lalu didistribusikan ulang,” kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja di Jakarta, Selasa (18/4).

(Baca juga: KKP Percepat Proses Perizinan Kapal Ikan Lokal)

Sjarief merinci, kapal yang akan dibangun tahun ini berukuran di bawah 5 GT sebanyak 449 unit, kapal 5 GT 498 unit, kapal berbobot 10 GT 92 unit, kapal dengan berat 20 GT sebanyak 3 unit, 20 unit kapal ukuran 30 GT dan 3 unit kapal penangkap berukuran 120 GT dari baja. Selain itu akan dibangun pula kapal pengangkut berukuran 100 GT dari baja sejumlah 3 unit.

Untuk memastikan penyalurannya tepat sasaran dan tepat guna, petugas telah merancang spesifikasi desain kapal yang sesuai karakteristik perairan, kearifan lokal dan kebutuhan nelayan calon penerima bantuan. Bahkan, nelayan diberi kesempatan untuk melakukan uji coba purwarupa kapal yang sesuai dengan kebutuhannya.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement