India Tertarik Garap Proyek Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
20 April 2017, 19:57
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah India menyatakan minat untuk bekerja sama dengan Indonesia di sektor minyak dan gas bumi (migas). Hal ini disampaikan delegasi pemerintah India saat berkunjung ke Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia dipimpin oleh Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Investasi dan Pengembangan Infrastruktur Prahoro Yulianto Nurcahyo.  Sementara Delegasi India dipimpin oleh Joint Secretary of Ministry of Petroleum & Natural Gas, Government of India Sunjay Sudhir.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan banyak peluang investasi sektor hulu dan hilir migas yang dibidik oleh India. Salah satu yang diincar India adalah peluang investasi di sektor pengolahan minyak. India berminat menggarap pembangunan proyek Kilang Bontang.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, India memiliki banyak kilang dengan total kapasitas 230,1 juta ton per tahun (MTPA). Adapun 80 MMTPA diantaranya dimiliki oleh swasta. Dengan kapasitas tersebut, kilang minyak di India dinobatkan terbesar kedua di Asia. 

(Baca: Kunjungi Timur Tengah, Arcandra Tawarkan Proyek Kilang Bontang)

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Jonan mengutus tim dari Kementerian ESDM termasuk dari PT Pertamina (Persero) untuk melawat ke India pekan depan. "Saya akan minta hadir dengan bicara dengan operator mereka di sana untuk kerja sama yang mudah-mudahan bisa saling menguntungkan," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (20/4). 

Minister of State for Power, Coal, New & Renewable Energy and Mines India Piyush Goyal mengatakan pekan depan pihaknya akan melakukan diskusi intensif dengan perwakilan dari pemerintah Indonesia untuk membicarakan kerja sama ini.

"Menteri jonan telah menunjukkan bahwa dia pengambil keputusan yang cepat. kami diskusi bahwa akan ada tim kecil yang akan datang ke India, untuk diskusi tentang kilang, hulu migas, dan lainnya," kata dia di tempat yang sama. (Baca: Pertamina Buka Peluang Aramco dan Rosneft Garap Kilang Bontang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...