Lippo Siap Wujudkan Program Uang Muka KPR Nol Rupiah Anies-Sandi

Image title
20 April 2017, 16:53
Lippo
Donang Wahyu | Katadata
KATADATA|Donang Wahyu

Lippo Group membuka peluang kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk merealisasikan program rumah Rp 350 juta dengan uang muka (down payment) kredit pemilikan rumah (KPR) nol persen. Program ini ditawarkan pasangan calon Gunernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang berpotensi menang dalam Pemilihan Kepada Daerah DKI Jakarta.

Direktur Lippo Group John Riady mengatakan pihaknya siap merealisasikan program tersebut dan akan menunggu komunikasi lebih lanjut dengan pihak Anies-Sandi. “Implementasi seperti apa belum tahu, itu Pak Gubernur yang lebih tahu. Tetapi apa yang bisa kami bantu, kami siap bekerja sama sebagai developer juga," katanya dalam The Economist Event di Jakarta, Kamis (20/4).

Advertisement

(Baca: Ahok Kalah Quick Count di Semua Wilayah, Anies Gubernur Baru DKI)

John mengapresiasi program KPR Rp 350 juta dengan DP 0 persen, karena bisa mendorong peningkatan daya beli masyarakat terhadap kepemilikan rumah. Program ini dinilai bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat memiliki aset rumah. Untuk merealisasikan program tersebut, ia menyarankan pemerintah Jakarta untuk menggunakan lahan milik pemerintah, supaya bisa mengurangi beban harga tanah.

Menurutnya rumah seharga Rp 350 juta masih memungkinkan dibangun di Jakarta. Baik untuk rumah tapak maupun apartemen. Lippo telah menghitung dengan luas 40 meter persegi, biaya membangun per unit hanya Rp 120 juta. Bahkan dengan biaya produksi  Rp 4 juta per meter sekalipun, biayanya hanya Rp 160 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement