Temui JK, Wapres Amerika Kagumi Demokrasi Indonesia dan Pilkada DKI

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2017, 18:20
Kalla Pence
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Pence di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (20/4).

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, Kamis (20/4). Dalam pertemuan 45 menit tersebut, Kalla banyak membahas soal hubungan ekonomi kedua negara. Kedua Wakil Presiden juga menyinggung Pilkada DKI yang baru digelar, Rabu kemarin.

Dalam hubungan perdagangan dan investasi, Kalla meminta Pence menjelaskan kebijakan “American First” yang dicanangkan Presiden AS Donald Trump. “Kami ingin pahami dulu yang mereka maksud dengan American First ini bagi dia, (serta) bagaimana peningkatan hubungan perdagangan dan investasi di negara-negara2 yang lain seperti Indonesia,” kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (20/4).

Advertisement

(Baca juga: Pengusaha Biodiesel Minta Pemerintah Cegah Sanksi Dagang Trump)

Pertemuan ini dihelat usai Pence bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan. Menurut Kalla, AS masih berniat meningkatkan perdagangan serta investasinya di Indonesia dalam kerja sama yang bersifat bilateral dan bukan multilateral seperti Trans Pacific Partnership (TPP).

Hal lain yang juga dibahas adalah tuduhan praktik dumping dari National Biodiesel Board (NBB) Fair Trade Coalition atau Asosiasi Produsen Biodiesel AS  terhadap produk olahan Crude Palm Oil (CPO) asal Indonesia. “Jangan ada pihak-pihak yang ingin menganggap kita dumping soal-soal itu, sama sekali tak ada (dumping),” kata Kalla.

(Baca juga: Biodiesel Masuk Radar Dumping Trump, Pemerintah Pasang Kuda-kuda)

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement