Rilis Kebijakan Pemerataan Ekonomi, Jokowi Bagi-Bagi Tanah di Boyolali

Ameidyo Daud Nasution
21 April 2017, 11:28
Joko Widodo
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Provinsi Lampung di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/3).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan meluncurkan secara resmi Kebijakan Pemerataan Ekonomi dan Reforma Agraria pada Jumat ini (21/4). Kebijakan yang telah digodok selama beberapa bulan terakhir ini bertujuan mengurangi tingkat ketimpangan ekonomi melalui tiga sasaran utama pemerataan.

Peluncuran kebijakan anyar Jokowi ini bertempat di Alun-Alun Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Momen ini ditandai dengan penyerahan sertifikat lahan kepada masyarakat. Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan, seluruh persiapan yang ada di bawah kementeriannya telah rampung.

Advertisement

Persiapan itu berupa pembuatan beberapa aturan, antara lain aturan sertifikasi aset. Dengan adanya sertifikat tersebut, masyarakat sebagai pemilik hak atas tanah itu dapat lebih mudah mengakses sumber-sumber pendanaan untuk membangun usahanya.

(Baca: Jokowi Akan Luncurkan Paket Pemerataan Ekonomi Dua Pekan Lagi)

Lantaran persiapannya sudah rampung, Presiden dapat meluncurkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi dan Reforma Agraria tersebut hari ini. "Diluncurkannya dalam bentuk pembagian sertifikat di Boyolali," kata Sofyan di Jakarta, Kamis malam (20/4).

Berdasarkan agenda kegiatan Presiden hari ini, Presiden memang meninggalkan Jakarta menggunakan pesawat menuju Provinsi Jawa Tengah pada Jumat pagi ini untuk melakukan kunjungan kerja. Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan, Presiden dijadwalkan meresmikan Pasar Klewer Surakarata dan perluasan pabrik tekstil di Kabupaten Sukoharjo.

“Sebelum meresmikan Pasar Klewer, Presiden terlebih dahulu menghadiri sosialisasi bahaya narkoba, pornografi dan kekerasan pada anak yang dihelat di GOR Manahan, Solo, Jawa,” katanya dalam siaran pers tertulis. (Baca: Jokowi Siap Bagikan 21,7 Juta Hektare Lahan ke Masyarakat)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement