Pendapatan Bunga Kuartal I Seret, Bank Mandiri Andalkan Anak Usaha

Ameidyo Daud Nasution
25 April 2017, 20:23
Bank Mandiri
KATADATA
Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatatkan laba bersih pada kuartal I 2017 sebesar Rp 4,1 triliun. Angka tersebut naik 6,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, perolehan laba tersebut ditopang beberapa hal. Salah satunya kenaikan pendapatan atas jasa atau fee based income sebesar 25 persen menjadi Rp 13,4 triliun.

Advertisement

Namun, pencapaian itu terkait erat dengan membaiknya kinerja sejumlah anak usaha Mandiri, seperti Bank Syariah Mandiri dan Mandiri Sekuritas. "Kalau kaitannya fee based income itu yang menunjang adalah (kinerja) anak usaha kalau dari sisi retail," kata Kartika saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (24/4).

(Baca juga:  Bank Mandiri Akan Sebar Dana Repatriasi Rp 27 Triliun)

Kartika juga menjelaskan, laba kuartal I ini juga disumbang oleh pertumbuhan bunga bersih serta premi sebesar 3 persen menjadi Rp 13,4 triliun. Adapun, laba operasional sebelum pajak dan pencadangan tumbuh sebesar 11,9 persen.

Di sisi lain, kenaikan biaya operasional tercatat hanya 3,8 persen. "Ada juga cost efficiency seperti setahun ini kami tidak agresif untuk (ekspansi) fisik tetapi ke arah elektronik," kata Kartika.

Bank Mandiri pada akhir kuartal I 2017 juga mencatat pertumbuhan dana murah sebesar 14,5 persen atau mencapai Rp 475,6 triliun. Angka ini ditopang oleh pertumbuhan tabungan serta giro sebesar 15,6 persen serta 12,9 persen. "Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga tumbuh 11,6 persen jadi Rp 731,6 triliun pada kuartal I 2017," kata Kartika.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement