Kantongi Izin dari Pemerintah, Freeport Segera Ekspor Konsentrat

Anggita Rezki Amelia
26 April 2017, 12:24
tambang freeport
www.npr.org
tambang freeport

Setelah sempat terhenti selama sekitar tiga bulan, PT Freeport Indonesia akan segera mengekspor kembali konsentrat hasil tambang Grasberg, Papua. Kepastian ini menyusul surat persetujuan ekspor dari Kementerian Perdangangan pada akhir pekan lalu.

Juru bicara Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan, ekspor konsentrat tersebut tidak akan menunggu waktu lama lagi. “Kami akan ekspor konsentrat secepatnya," kata dia kepada Katadata, Selasa (25/4). (Baca: Kemendag Terbitkan Izin Ekspor Freeport Hingga Tahun Depan)

Menurut dia, perundingan dengan pemerintah untuk mendapatkan izin ekspor ini berlangsung kondusif. Alhasil, Kementerian Perdagangan mengeluarkan izin ekspor kepada Freeport pada Jumat pekan lalu (21/4) atau sehari setelah pengajuan permohonan tersebut diterima oleh pemerintah.

Persetujuan ekspor yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Rekomendasi itu menyatakan, ekspor konsentrat tembaga berkadar minimum 15 persen Freeport sebesar 1.113.105 wet metric ton (WMT) berlaku satu tahun sampai 16 Februari 2018.

Dalam ekspor kali ini, Freeport hanya membayar bea keluar sebesar lima persen. Padahal, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 13 tahun 2017, bea keluar yang ditetapkan untuk pemegang IUPK adalah sebesar 7,5 persen, lebih tinggi dari permintaan Freeport.

Riza mengatakan meski ada aturan itu, pemerintah sudah sepakat menetapkan bea keluar sebesar lima persen. “Pemerintah sudah setuju,” kata dia. (Baca: Tak Segera Bangun Smelter, Jonan Ancam Cabut Izin Ekspor Freeport)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...