Dua Program Kementerian BUMN Tingkatkan Perekonomian Desa

Miftah Ardhian
3 Mei 2017, 17:47
BUMN Hadir Untuk Negeri
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri BUMN, Rini Soemarno, menyalami karyawan tingkat dasar Kementerian BUMN Republik Indonesia beserta seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia, saat menggelar rangkaian acara \"BUMN Hadir Untuk Negeri\" di Kawasan Berikat Nusantara (KB

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjalankan dua program prioritas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di desa. Yang pertama adalah Balai Ekonomi Desa (Balkondes), sementara yang kedua Mitra Usaha Desa Nusantara dan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan, kedua program tersebut yang menjadi atensi Kementerian BUMN guna meningkatkan taraf perekonomian desa. "Kami melihat, kesejahteraan masyarakat Indonesia akan tercapai kalau bisa sejahterakan desa," ujar Rini di Aula Fakultas Kedokteran UI Salemba, Jakarta, Rabu (3/5).

(Baca juga:  Rini Targetkan Hanya Satu BUMN yang Rugi Tahun Ini)

Kedua program tersebut sudah disusun sejak tahun 2016, tetapi baru akan direalisasikan pada tahun ini. Program pertama yaitu Balkondes merupakan program pemberdayaan masyarakat desa-desa yang ada di sekeliling destinasi wisata. Dengan demikian, masyarakat pedesaan dapat merasakan manfaat ekonomi dari kehadiran wisatawan.

Rini mengatakan, percontohan program ini telah dijalankan di 20 desa sekitar Canti Borobudur. Caranya, pemerintah melalui BUMN membantu masyarakat desa-desa tersebut untuk bisa menghasilkan barang atau jasa yang dapat dijual pada wisatawan.

Dengan demikian, tak hanya mengunjungi candi Borobudur, wisatawan pun akan terdorong untuk juga melakukan safari di desa-desa sekitarnya. "Jadi bukan hanya resort-resort, tetapi kami harapkan desa sekelilingnya bisa menikmati manfaat dengan membuat Balkondes," ujar Rini.

(Baca juga: Kementerian BUMN Finalisasi Pembentukan Holding Bank Bulan Ini)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...