Jasa Armada Akan Jadi Anak BUMN Pertama yang Go Public 2017

Miftah Ardhian
3 Mei 2017, 20:24
Gedung Kementerian BUMN
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tengah mempersiapkan untuk melepas sebagian saham anak usahanya, PT Jasa Armada Indonesia ke pasar modal. Perusahaan ini akan menjadi anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun ini. 

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K. Ro mengatakan rencananya ada sembilan anak usaha  IPO sembilan anak usaha BUMN yang melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) tahun ini. Namun, saat ini yang paling siap hanya Jasa Armada.

Advertisement

Persiapan Jasa Armada sudah hampir final dan akan segera mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia. "Bisa Jasa Armada Indonesia (yang pertama), anak usaha dari Pelindo II. Karena dia mau pakai buku April," ujar Aloy saat ditemui di Fakultas Kedokteran UI Salemba, Jakarta, Rabu (3/5).

(Baca: Pelindo II Incar Dana Rp 2,5 Triliun dari IPO Anak Usaha)

Selain itu, Aloy mengungkapkan ada dua anak usaha dari PT PP (Persero) Tbk., yakni PT PP Energi dan PT PP Peralatan yang disiapkan untuk IPO pada tahun ini. Kemudian, juga ada anak usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., PT Garuda Maintenance Facility (GMF) yang akan melakukan hal serupa. Walaupun baru melakukan pergantian Direktur Utama, Garuda Indonesia tetap akan siap melepas GMF tahun ini.

Kementerian BUMN pun memiliki rencana untuk melakukan IPO anak usaha BUMN di sektor properti ke depannya. Namun, kata Aloy, Menteri BUMN Rini Soemarno meminta agar anak usaha BUMN sektor properti ini dikonsolidasikan terlebih dahulu sebelum melakukan IPO. Alasannya, agar ukuran perusahaannya menjadi lebih besar, sehingga harga sahamnya juga tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement