Bank Mandiri Operasikan Kantor Cabang Penuh di Malaysia Tahun Ini

Miftah Ardhian
4 Mei 2017, 07:00
Bank Mandiri
KATADATA
Bank Mandiri

Bank Mandiri optimistis rencana pembukaan kantor cabang penuh pertamanya di Malaysia dapat direalisasikan tahun ini. Alasannya, Bank Negara Malaysia (BNM) sebagai otoritas perbankan di negara jiran itu telah merespons permintaah Bank Mandiri terutama terkait status Qualified ASEAN Bank (QAB).

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiaman A. Arianto mengatakan, pihaknya akan segera membuka kantor cabang penuh Bank Mandiri di Malaysia. Sementara ini, Bank Mandiri baru membuka kantor cabang remitansi yaitu Mandiri International Remittance Sdn. Bhd di negara tetangga tersebut. Targetnya, kantor cabang penuh itu bisa beroperasi tahun 2017.

"Kami sudah dapat tanggapan dari otoritas di Malaysia, targetnya tahun ini bisa jalan," ujar Sulaiman di Jakarta, Rabu (3/5).  (Baca: Setelah Kunjungan Raja Salman, BNI Batal Buka Cabang di Arab Saudi)

Menurutnya, saat ini, proses yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan syarat-syarat dan kelengkapan administrasi untuk mendirikan kantor cabang penuh. Hal ini pun tidak terhalang oleh rencana pembentukan perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perbankan. "Jadi kami masih menunggu dari otoritarisasi keuangan setempat."

Dalam tahun ini, selain rencana pembukaan kantor cabang penuh di Malaysia, Bank Mandiri juga tengah menyiapkan ekspansi ke negara lain yakni Filipina. Salah satu skema yang menjadi pembahasan adalah kemungkinan Bank Mandiri mengakuisisi bank di negara tersebut.

Namun, ada pula opsi lain yang tengah dibahas yaitu mendirikan perusahaan patungan atau joint venture dengan perusahaan lokal di Filipina agar pasar yang sudah ada bisa dikembangkan. Selanjutnya, Sulaiman mengatakan, Bank Mandiri masih akan melakukan kajian lebih mendalam untuk penentuan opsi tersebut. 

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...