Pemerintah Incar Investasi Tiongkok Lewat Konsep Baru Jalan Sutera

Ameidyo Daud Nasution
5 Mei 2017, 20:09
No image
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Pameran menampilkan beragam jenis kereta cepat dan pembangunan stasiun kereta yang telah dipergunakan di negara Tiongkok yang rencananya juga akan di pergunak

Pemerintah mengincar investasi di bidang infrastruktur dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) One Belt, One Road (OBOR) yang diselenggarakan tanggal 14 dan 15 Mei mendatang di Beijing, Tiongkok. Konferensi ini merupakan bagian dari konsep Tiongkok untuk menghidupkan jalur sutera, baik itu di darat maupun di laut.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo direncanakan hadir di perhelatan tersebut. Menurutnya, pemerintah memang mengincar penanaman modal di sektor infrastruktur dari Negeri Tirai Bambu.

(Baca juga: Laju Ekonomi Kuartal I Terdongkrak Kenaikan Kinerja Ekspor)

"Misal jalan tol, kereta api, pelabuhan, infrastruktur transportasi dan perhubungan," kata Thomas di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/5).

Thomas mengatakan jajaran kabinet akan merapatkan apa saja proyek prioritas yang akan ditawarkan dalam acara OBOR ini. Sehingga nantinya akan ada kecocokkan antara konsep Tiongkok dengan kebutuhan infrastruktur Indonesia. "Ini akan kami rapatkan dalam rapat koordinasi," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...