Pertama di Indonesia, Bank Mandiri Terbitkan Obligasi Tanpa Bunga

Miftah Ardhian
8 Mei 2017, 19:43
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Mandiri (Persero)  segera menerbitkan obligasi tanpa kupon atau bunga (zero coupon bond) yang merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) I tahap II 2017. Target perolehan dananya maksimal sebesar Rp 5 triliun. Alhasil, Bank Mandiri sebagai bank pertama yang menerbitkan obligasi tanpa kupon di Indonesia.

Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar menjelaskan, penerbitan obligasi kali ini bertujuan memperkuat struktur pendanaan bank. Dengan begitu, bank pelat merah ini lebih leluasa melakukan ekspansi kredit, terutama terkait penyaluran kredit infrastruktur.

Advertisement

Dalam penerbitan obligasi kali ini, Bank Mandiri telah menunjuk lima perusahaan penjamin emisi yakni Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, dan Danareksa Sekuritas.

"Dengan adanya penambahan produk ini, investor akan semakin memiliki banyak opsi untuk menyalurkan pendanaan," ujar Royke saat konferensi pers di Jakarta, Senin (8/5).

Secara umum, obligasi berkelanjutan I tahap II ini dibagi dalam empat seri. Pertama, obligasi tanpa kupon yang akan diterbitkan dengan tenor 3 tahun. Adapun, kisaran imbal hasil (yield) sebesar 7,40-8,15 persen.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement