Likuiditas Cukup, OJK Targetkan Pertumbuhan Kredit 9-12 Persen

Miftah Ardhian
9 Mei 2017, 10:14
Muliaman OJK
Arief Kamaludin | Katadata

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim posisi likuiditas perbankan saat ini dalam kondisi yang cukup baik. Dengan demikian, OJK optimistis target pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 9-12 persen dapat tercapai.

"Kami tetap optimis pertumbuhan kredit on track bisa 9-12 persen tahun ini," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat ditemui di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Senin malam (8/5).

Mualiaman menjelaskan, Loan to Deposit Ratio (LDR) memang merupakan kebijakan masing-masing bank. Namun, ia melihat bahwa secara keseluruhan, perbankan masih memiliki ruang yang cukup luas untuk mengucurkan kredit.

(Baca juga:  Industri Tumbuh 4,3%, Pengusaha Masih Keluhkan Suku Bunga)

Selain itu, Bank Indonesia (BI) pun dinilainya masih memiliki ruang untuk pelonggaran Giro Wajib Minimum (GWM) perbankan. “Tapi hal itu merupakan wewenang  BI dengan mempertimbangkan kondisi saat ini,” ujarnya.

Hanya, Muliaman mengakui, target pertumbuhan kredit 9-12 persen ini memang harus ditopang oleh instrumen lainnya di luar sektor perbankan, misalnya pembiayaan dari pasar modal. "Saya kira tidak cukup mengandalkan sektor perbankan saja kalau mau mendanai begitu banyak rencana pembangunan infrastruktur," ujar Muliaman.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...