Jokowi Targetkan Perjanjian Dagang dengan Cile Rampung Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
12 Mei 2017, 18:07
Konferensi pers bersama Presiden Jokowi dan Presiden Chile di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/5)
setkab.go.id

Presiden Joko Widodo menargetkan perjanjian dagang Indonesia-Cile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) dapat rampung tahun ini. Hal tersebut dibahas saat pertemuan bilateral dengan Presiden Cile Veronica Michelle Bachelet Jeria di Istana Merdeka, hari ini.

Jokowi ingin mempercepat perjanjian dagang ini dengan alasan bahwa Indonesia tengah berupaya memacu transaksi perdagangan dengan negara-negara nontradisional, salah satunya adalah negara Amerika Latin seperti Cile. Apalagi negara ini merupakan mitra perdagangan terbesar ketiga bagi Indonesia di Amerika Selatan. Karena itu, masalah perdagangan investasi merupakan topik bahasan utama dalam pertemuan bilateral tersebut.

"Topik utamanya adalah menyelesaikan CEPA dengan Cile," kata Jokowi dalam jumpa pers usai pertemuan tersebut di Istana Merdeka, Jumat (12/5). (Baca: Cile akan Jadi Gerbang Ekspor Indonesia ke Amerika Latin)

Ada beberapa sektor kerja sama yang bisa ditingkatkan dari kedua negara, antara lain industri strategis, perikanan, serta produk pertanian. Kerja sama ini dapat ditingkatkan lantaran Indonesia dan Cile sama-sama aktif di berbagai forum seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Non-Blok serta Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Kedekatan bilateral kedua negara akan membantu kerja sama di forum tersebut.

Presiden Bachelet juga sangat berharap kerja sama dengan Indonesia bisa ditingkatkan. Selama 52 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Cile sudah berhasil memajukan kerja sama di bidang perdagangan, budaya dan politik. Dia berharap kerja sama ini ditingkatkan dan diperluas di bidang lain.

"Setelah sekian lama membahas negosiasi Indonesia-Cile CEPA, kami akan menyelesaikannya tahun ini. Kami juga berharap dari situ bisa meningkatkan perdagangan dan kerja sama lainnya di bidang ekonomi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...