Jokowi Dorong Kerja Sama Maritim dengan Polandia

Pingit Aria
15 Mei 2017, 18:09
Jokowi di Tiongkok
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kiri) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat bertemu dengan beberapa kepala negara saat menghadiri Belt and Road Forum di Beijing, Tiongkok. Salah satunya adalah Perdana Menteri Polandia Beata Szydlo.

Dalam pertemuan dengan Szydlo, Jokowi mendorong peningkatan kerja sama di berbagai bidang antara lain ekonomi, maritim, dan people-to-people contact.

Jokowi menyatakan, saat ini Indonesia sedang mengembangkan infrastruktur maritim, termasuk pelabuhan dan perkapalan, guna meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia. Polandia yang memiliki tradisi maritim dan perkapalan yang baik dinilai dapat menjadi mitra dalam pengembangan industri kemaritiman di tanah air.

(Baca juga:  Tiongkok Cairkan Dana US$ 4,498 Miliar Untuk Proyek Kereta Cepat)

“Untuk itu saya mendorong pengembangan kerja sama maritim dengan Polandia,” kata Jokowi melalui siaran pers Sekretariat Kabinet, Senin (15/5).

Adapun terkait people-to-people contact, Presiden Jokowi menekankan pengembangan kerja sama di bidang pendidikan dan pariwisata. Presiden menyambut baik pengajaran Bahasa Indonesia di beberapa universitas Polandia maupun Bahasa Polandia di UI dan Universitas Atmajaya.

Sejak tahun 1987 tercatat 400 mahasiswa Polandia telah menerima beasiswa Dharmasiswa dan sejak tahun 2011 sampai 2015, terdapat 6 mahasiswa Polandia yang menerima beasiswa Seni dan Budaya Indonesia. “Untuk itu saya mendorong finalisasi nota kesepahaman tentang kerja sama pendidikan tinggi kedua negara,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...