Jokowi Minta Lithuania Bantu Perangi Kampanye Hitam Sawit di Eropa

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2017, 17:47
Jokowi dan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitè
setkab.go.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini. Memanfaatkan kunjungan kenegaraan ini, Jokowi meminta Lithuania untuk membantu memerangi kampanye hitam terhadap kelapa sawit di Eropa.

"Kami minta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diperlakukan dengan fair (di Eropa)," kata Jokowi usai pertemuan bilateral dengan Presiden Grybauskaite, Rabu (17/5). (Baca juga:  Indonesia dan Malaysia Bakal Bawa Diplomasi Sawit ke Uni Eropa)

Sebagai salah satu negara Uni Eropa, dukungan Lithuania cukup penting bagi nasib pasar sawit Indonesia di kawasan tersebut. Pada 4 April lalu, Parlemen Eropa mengeluarkan resolusi soal sawit karena dianggap masih menciptakan banyak masalah dari deforestasi, korupsi, pekerja anak,  sampai pelanggaran HAM. Menanggapi resolusi ini, pemerintah telah mengirimkan surat keberatan, dan menilai resolusi ini diskriminatif.

Resolusi ini memang belum mengikat. Rencananya Parlemen Eropa akan mengeluarkan keputusan terkait resolusi sawit pada pertengahan tahun ini. Keputusan ini akan menentukan apakah Uni Eropa akan resolusi tersebut akan berlanjut menjadi kebijakan pelarangan atau pembatasan sawit di Eropa. (Baca: Mendag Curigai Kepentingan Bisnis di Balik Resolusi Sawit Eropa)

Beberapa hari lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla juga telah meminta dukungan serupa kepada negara Eropa lainnya, yakni Italia. Saat bertemu Kalla, Menteri Pembangunan Ekonomi Italia Carlo Calenda menyatakan akan membantu menyampaikan keberatan Indonesia kepada Parlemen Uni Eropa terkait resolusi sawit. Italia akan berusaha berada di pihak yang netral dalam persoalan ini. 

(Baca: Di Depan Hollande, Jokowi Apresiasi Sikap Prancis Soal Sawit)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...