Menkominfo Pastikan Indonesia Sudah Bebas dari Virus WannaCry

Miftah Ardhian
17 Mei 2017, 12:28
Menkominfo Konpress Ransomware
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan keterangan pers terkait upaya penanganan serangan dan antisipasi Malware Ransomware WannaCry di Jakarta, Minggu (14/5).

Indonesia adalah salah satu negara yang sempat terjangkit serangan virus Ransomware WannaCry.  Namun, hasil pemantauan Kementerian Komunikasi dan Informatika terhadap pengguna internet di seluruh Indonesia menunjukan virus tersebut sudah tidak lagi menyerang komputer di Tanah air.

"Indonesia boleh dikatakan telah kosong atau sudah bersih (dari virus WannaCry)," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (17/5).

Advertisement

(Baca juga:  Marak Serangan Siber, BI Kumpulkan Pakar Teknologi Informasi)

Menurut Rudiantara, setelah beberapa serangan dilaporkan terjadi sepanjang akhir pekan lalu, termasuk di beberapa instansi seperti Rumah Sakit Dharmais dan Harapan Kita. Namun, setidaknya dalam 24 jam terakhir sudah tak ada lagi komputer terinfeksi virus WannaCry di Indonesia.

Hanya, Rudiantara juga mengakui masih adanya kemungkinan sejumlah kecil kasus yang tidak dilaporkan. Namun, dirinya mengatakan, hal tersebut bukanlah masalah besar, karena dari segi jumlah, pengguna komputer dan internet di Indonesia ada ratusan ribu orang atau bahkan jutaan orang.

"100 persen (bersih) mungkin tidak, tapi satu dari ratusan ribu atau jutaan komputer kan tidak ada artinya," ujar Rudiantara.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement