Pertamina Hanya Danai Pengeboran 14 Sumur di Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
17 Mei 2017, 16:32
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan mendanai pengeboran 14 sumur di Blok Mahakam pada tahun ini. Jumlahnya berkurang dari rencana sebelumnya yaitu mengebor 19 sumur untuk mengantisipasi penurunan produksi Blok Mahakam setelah beralih pengelolaan pada tahun depan.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan pengeboran akan dilakukan oleh Total E&P Indonesie pada Juni nanti. Jadwal ini mundur dari target sebelumnya yakni April 2017. Penyebabnya adalah masalah perpajakan.

(Baca: Pertamina Batal Mengebor 11 Sumur di Blok Mahakam Tahun Ini)

Persoalan pajak ini muncul karena pengeboran ini menggunakan dana Pertamina dan dikerjakan Total yang masih menjadi operator blok migas tersebut. Masalahnya, Total bukan perusahaan penunjang migas  atau pihak ketiga yang umumnya melakukan proses pengeboran atas permintaan kontraktor.

Konsekuensinya, Pertamina yang harus menanggung beban pajak atas investasi tersebut. Persoalannya, hal itu tidak mudah dilaksanakan karena Pertamina belum resmi menjadi operator di Blok Mahakam. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini baru bisa mengelola blok tersebut tahun depan.

(Baca: Selain Tambah Porsi, Total Minta Tiga Insentif Kelola Blok Mahakam)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...