Kemendag Incar Rp 14,7 Triliun dari Trade Expo Indonesia 2017

Image title
18 Mei 2017, 18:06
Trade Expo Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Lebih dari 300 produk dan jasa dalam negeri ditampilkan dalam pameran dagang terbesar di Indonesia yang rutin diadakan setiap tahun ini.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan total transaksi yang bisa terkumpul dari TEI 2017 mencapai US$ 1,1 triliun atau sekitar Rp 14,7 triliun. "Tapi harapannya lebih dari itu. Kami kalau menaruh target pasti berdasarkan perhitungan yang dapat tercapai," ujarnya saat membuka TEI 2017 di Tangerang, Kamis (18/5).

Dia mengatakan penyelenggaraan TEI tahun lalu menandai titik balik kebangkitan ekspor Indonesia, dengan total transaksi yang mencapai US$ 1,02 miliar. Nilai ini naik sekitar 12 persen dari perolehan transaksi TEI 2015. Negara dengan nilai transaksi terbesar antara lain India, Malaysia, Swiss, Mesir, dan Prancis.

Adapun 10 negara yang paling banyak mengirimkan buyer pada TEI 2016 adalah Nigeria, Arab Saudi, India, Indonesia, Lebanon, Kuwait, Pakistan, Vietnam, Amerika Serikat, dan Argentina. Produk-produk yang diminati antara lain kecantikan dan kesehatan, busana dan accessories, kosmetik, tekstil dan garmen, pertanian, dekorasi rumah, elektronik dan kelistrikan, makanan dan minuman, serta kopi.

Kementerian Perdagangan juga menargetkan jumlah pengunjung tahun ini mencapai 16 ribu orang. Adapun jumlah pengunjung pada TEI 2016 tercatat mencapai 15.567 orang dari 125 negara. Sebelumnya, kementerian telah melakukan promosi dan sosialisasi di luar negeri lewat 132 Kantor Perwakilan Republik Indonesia, Atase Perdagangan, dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

(Baca: Kuartal I-2017 Surplus Dagang US$ 3,9 Miliar, Tertinggi Sejak 2012)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...