Pemerintah Bidik Ekonomi 2018 Tumbuh 6,1%, Ketimpangan Menciut

Desy Setyowati
19 Mei 2017, 16:33
Properti 1
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi melesat ke kisaran 5,4-6,1 persen tahun depan. Seiring dengan laju pertumbuhan yang makin kencang, kesenjangan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa, pengangguran, dan kemiskinan diharapkan terus susut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini masih terjadi ketimpangan horizontal lantaran perekonomian masih terpusat di Pulau Jawa. Perekonomian di Pulau Jawa berkontribusi sebesar 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). (Baca juga: Darmin Nilai Booming Komoditas Sejak 2000 Tak Tekan Ketimpangan)

Menurut dia, ketimpangan terjadi karena daerah-daerah di luar Pulau Jawa masih banyak yang sangat bergantung pada bisnis sumber daya alam. "Padahal sektor itu masih rentan terhadap siklus harga komoditas,” kata dia saat Rapat Paripurna di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (19/5). Ke depan, ketimpangan tersebut diharapkan bisa teratasi, demikian juga dengan kesenjangan antara kota dan desa.

Pada 2018, pemerintah memproyeksikan tingkat pengangguran turun menjadi 5,1-5,4 persen, tingkat kemiskinan turun menjadi 9-10 persen, dan ketimpangan menciut, yang ditandai dengan penurunan Rasio Gini menjadi 0,38 persen. Optimisme tersebut sejalan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang membaik.

Sri Mulyani pun menekankan, pengentasan kemiskinan merupakan tantangan utama pemerintah ke depan. "Pengentasan lebih dari 27 juta yang masih hidup di bawah garis kemiskinan," tutur dia. (Baca juga: Pemerintah Akan Salurkan Subsidi Pangan untuk 17,7 Juta Warga Miskin)

Namun, ia menyebut, masih ada tantangan dari segi fiskal untuk mencapai target-target tersebut. Ia menilai perlunya memperkuat ruang fiskal untuk menjaga ketahanan ekonomi, caranya dengan berfokus menopang belanja produktif dan prioritas.

Selain itu, perlu juga memperkuat kualitas belanja untuk menstimulasi perekonomian sekaligus mewujudkan kesejahteraan. Ia juga menilai pentingnya meningkatkan efektivitas bantuan sosial (bansos) dan subsidi, serta transfer ke daerah untuk mengakselerasi pengurangan angka kemiskinan dan kesenjangan. (Baca juga: Bank Dunia Kucurkan Pinjaman Rp 2,7 Triliun untuk Perluas Bansos)

Secara garis besar, Sri Mulyani menerangkan, strategi pemerintah ke depan, yaitu optimalisasi pendapatan negara dengan menjaga iklim investasi, efisiensi belanja dan peningkatan belanja produktif untuk mendukung program prioritas, serta mendorong pembiayaan yang efisien, inovatif, dan berkelanjutan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...