Kapal Pembangkit Turki Pasok Listrik 240 MW ke Sumatera Utara

Anggita Rezki Amelia
22 Mei 2017, 14:58
Kapal Onur Sultan
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Kapal pandu dan tunda milik PT Pelindo I melayani pemanduan Kapal Karadeniz Powership Onur Sultan, kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) saat akan bersandar di dermaga PLTGU, di Belawan, Medan, Sumatera Utara, Minggu (21/5).

Sistem kelistrikan wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 240 Megawatt (MW). Tambahan ini diperoleh dari kapal pembangkit listrik (Marine Vessel Power Plant / MVPP) milik Turki bernama Onur Sultan.

Kapal Onur Sultan telah bersandar di dermaga PLTGU Belawan, Medan, pada Minggu (21/5) pukul 10.30 WIB. Kapal dengan panjang 300 meter dan lebar 50 meter ini memiliki mesin PLTD buatan Wartsila berkapasitas 18,81 MW per unit dengan jumlah total 24 unit dan mesin PLTU dengan kapasitas 2x15 MW.

Advertisement

(Baca: Temukan Desa Tanpa Listrik Baru, PLN Bangun Pembangkit Bergerak)

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin mengatakan, salah satu kelebihan MVPP ini adalah memiliki kemampuan menggunakan dua bahan bakar (dual fuel). Jadi dapat menggunakan bahan bahar minyak (BBM) jenis Heavy Fuel Oil (HFO) atau bahan bakar gas (BBG).

Selain itu, kapal pembangkit listrik yang disewa PLN selama 5 tahun kedepan ini memiliki beberapa kelebihan lain. Beberapa di antaranya adalah tidak membutuhkan lahan untuk membangun, mobilitas relokasi cepat, fleksibilitas dalam penggunaan bahan bakar, konsumsi bahan bakan lebih hemat, tingkat produksi limbah relatif rendah, dan pengaruh kebisingan terhadap masyarakat relatif lebih rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement