Jokowi: Gesekan Kecil Wajar, tapi Harus Diselesaikan

Ameidyo Daud Nasution
24 Mei 2017, 11:46
Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap gesekan kecil sangat wajar terjadi dalam dinamika kehidupan masyarakat. Namun, gesekan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Dia meminta sekecil apa pun gesekan yang terjadi, harus segera diselesaikan hingga tuntas.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat berbicara di depan tokoh dan peserta Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama Indonesia (AFKUBI) di Istana Bogor, Rabu (23/5). Presiden berharap gesekan yang terjadi akan bisa menjadi pembelajaran dalam mewujudkan masyarakat yang dewasa.

Advertisement

“Tapi segera selesaikan, jangan sampai berbulan-bulan persoalan itu dibawa,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Rabu (23/5). (Baca: Minta Hentikan Hujatan, Jokowi: Habis Energi Saling Mendemo)

Jokowi meminta para tokoh atau pemuka agama di Indonesia untuk tetap rukun. Jangan sampai perbedaan menjadi pemicu konflik antar umat beragama. Semua permasalahan yang terjadi harus bisa diselesaikan dalam semangat persaudaraan dan rasa sebangsa.

Dia mengatakan banyak pemimpin negara lain yang kagum akan keberagaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Sementara banyak negara lain yang penduduknya bertikai karena banyak kelompok yang berbeda pandangan, seperti yang terjadi di Afganistan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement