Menhub Klaim Kesiapan Semua Moda Transportasi Mudik Capai 80%

Miftah Ardhian
26 Mei 2017, 17:16
Mudik Kereta Api
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan kesiapan sarana dan prasarana transportasi secara keseluruhan untuk arus mudik lebaran tahun ini sudah sebesar 80 persen. Dalam waktu dekat ini, seluruh persiapan mudik lebaran ini ditargetkan mencapai 100 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya terus melakukan persiapan terkait dengan arus mudik lebaran yang akan dihadapi sekitar satu bulan ke depan. Saat ini, memang masih ada beberapa hal teknis yang perlu dipersiapkan. Namun, secara keseluruhan, persiapan tersebut telah berjalan cukup matang.

Advertisement

"Sebenarnya persiapan mudik lebaran ini kami nilai secara kualitatif, tapi bisa dibilang sudah 80 persen," ujar Budi usai konferensi jarak jauh dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor perhubungan seluruh Indonesia, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (26/5).

Secara lebih rinci, Budi menjelaskan, telah menugaskan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk mengecek di berbagai bandara yang ada. Selain itu, pengecekan kelayakan terbang pesawat untuk menghindari kerusakan-kerusakan saat penerbangan terjadi hingga meminimalisir kecelakaan. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, telah mempersiapkan 35 bandara yang akan digunakan untuk arus mudik. Selain itu, mengecek 532 pesawat yang terdaftar melakukan penerbangan untuk melayani arus mudik. "Kemarin sudah selesai 510 pesawat, akan diselesaikan (pengecekan) sisanya hari ini dan besok," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement