PHE Jual Gas Blok Salawati untuk Kebutuhan Energi di Raja Ampat

Anggita Rezki Amelia
26 Mei 2017, 15:30
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Salawati menjual gas dari Lapangan Teluk Berau C Blok Salawati kepada Badan Usaha Milik Daerah PT Raja Ampat Makmur Madani. Volumenya sebesar 20 juta kaki kubik per hari (mmscfd). 

Rencana penjualan gas itu tertuang dalam kesepakatan awal (Head of Agreement /HoA) antara PT PHE Salawati dengan BUMD PT Raja Ampat Makmur Madani yang ditandatangani pada Rabu lalu (24/5). PHE Salawati diwakili oleh Presiden Direktur PT Pertamina Hulu Energi Gunung Sadjono Hadi, sedangkan BUMD diwakili Direktur Utama PT Raja Ampat Makmur Madani Selviana Wanma.

(Baca: Lima Tahun Berhenti, Lapangan Salawati Berproduksi 2.400 Barel per Hari)

Penandatanganan itu disaksikan oleh Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja dan Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati serta perwakilan SKK Migas.

Wiratmaja berharap, pasokan gas dari PHE ini mampu memenuhi kebutuhan energi di Raja Ampat. Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di daerah tersebut selama ini didatangkan dari berbagai negara di Timur Tengah.

Menurut dia, sebanyak 20 mmscfd gas yang diproduksi ini bisa untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik berkapasitas 100 Megawatt (MW). "Diharapkan penandatanganan kesepakatan ini dapat mendorong utilisasi gas bumi terutama di kawasan timur Indonesia," katanya dikutip dari situs Ditjen Migas Kementerian ESDM, Jumat (26/5).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...