Luhut: Tidak Ada Jual Beli Opini WTP di Kementerian Ini

Anggita Rezki Amelia
29 Mei 2017, 18:44
Luhut
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan turut mengomentari kabar jual-beli opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan kementerian yang terungkap dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat pekan lalu. Ia mengklaim, di kementeriannya tidak ada jual beli opini tersebut.

Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diberikan BPK kepada kementeriannya sudah sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP). Keyakinan itu muncul setelah bertemu dengan Anggota IV BPK Rizal Djalil dalam agenda penyerahan langsung  Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP-LKPP) tahun 2016 di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman. 

“Tadi saya tanya ke Pak Rizal, tidak seperti itu (ada kegiatan jual beli WTP),” kata Luhut di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta (29/5). (Baca: KPK Tangkap 2 Auditor BPK, Diduga Soal Opini WTP Kementerian Desa)

Menurut dia, postur anggaran di kementeriannya masih tergolong tidak besar dibandingkan yang lainnya. Dengan begitu, pejabat di lingkungan kementeriannya  dapat mengelola keuangan secara transparan.  

Hal ini berbeda dengan keuangan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang saat ini tersangkut suap mengenai opini WTP. “Memang di Kemendes itu agak sulit permasalahannya karena langsung ke bawah, jadi pengontrol memang perlu banyak," kata dia. 

Di tempat yang sama, Anggota IV BPK Rizal Djalil juga menyerahkan penilaian laporan keuangan 2016 untuk masing-masing Kementerian Koordinator Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yakni Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...