Indeks Saham di Kawasan Teluk Anjlok Imbas Konflik Qatar

Martha Ruth Thertina
5 Juni 2017, 18:37
Bursa saham
Arief Kamaludin|KATADATA
Bursa saham

Indeks harga saham negara-negara teluk merosot seiring dengan menguatnya konflik antara Saudi Arabia, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UAE) dengan Qatar. Indeks QE di Qatar tercatat paling anjlok lantaran merosot lebih dari 7 persen.

Mengacu pada data Bloomberg Senin (5/6) sore, indeks QE di Qatar melorot 7,27 persen. Sementara itu, indeks Tadawul All Share di Saudi Arabia turun 0,22 persen. Sedangkan Indeks DFM General di UAE merosot sebesar 0,72 persen dan indeks BB All Share di Bahrain turun 0,44 persen.

Di sisi lain, indeks Kuwait SE Weighted dan Kuwait SE Price turun masing-masing 0,79 persen dan 0,39 persen, sedangkan indeks MSM30 di Oman turun 0,41 persen. 

Sebelumnya, Saudi Arabia, Bahrain, UAE diberitakan memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Langkah tersebut diambil lantaran menilai Qatar telah memberi dukungan kepada teroris. Mesir dan Yaman juga memutus hubungan diplomatiknya dengan Qatar. (Baca juga: Tiga Negara Arab Putus Hubungan dengan Qatar, Harga Minyak Naik)

Kantor berita nasional Arab Saudi menyampaikan negara tersebut memutuskan hubungannya dengan Qatar untuk menjaga keamanan nasional dari bahaya terorisme dan ekstremisme. Seluruh pelabuhan yang menghubungkan dua negara itu akan ditutup. Mengacu pada Reuters, Saudi Arabia, UAE dan Bahrain memberikan waktu selama dua minggu bagi pengunjung dan penduduk asal Qatar untuk meninggalkan perbatasan Saudi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...