Timur Tengah Pecah, Garuda Tampung Penumpang Umrah Qatar Airways

Maria Yuniar Ardhiati
6 Juni 2017, 17:02
Umrah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Pecahnya Timur Tengah yang ditandai oleh pemutusan hubungan sejumlah negara Arab dengan Qatar, turut berdampak terhadap operasional maskapai Qatar Airways di Indonesia. Maskapai ini tidak bisa membawa jemaah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi dan harus merevisi sejumlah rute penerbangannya ke negara-negara yang telah memutuskan hubungan dengan Qatar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso menyatakan, jemaah umrah dari Indonesia yang telah memesan tiket penerbangan Qatar Airways, tetap bisa berangkat ke Arab Saudi. Hanya saja, mereka akan diterbangkan ke Tanah Suci dengan maskapai lain. 

Advertisement

Ia mengakui, pemerintah tidak bisa mencampuri urusan politik negara lain. “Yang bisa kami lakukan adalah membuat kebijakan memudahkan jemaah umrah dari Indonesia yang menggunakan Qatar Airways, bisa tetap melaksanakan ibadah dengan lancar,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (6/6).

(Baca: Tiga Negara Arab Putus Hubungan dengan Qatar, Harga Minyak Naik)

Seperti diketahui, sejumlah negara di Timur Tengah memutuskan hubungan dengan Qatar. Negara-negara itu adalah Arab Saudi, Bahrain, dan Uni Emirat Arab (UEA). Belakangan, menyusul Yaman dan Mesir. Alasannya, negara-negara tersebut menuding Qatar telah mendukung para teroris.

Pemutusan hubungan itu diikuti dengan aksi memblokade jalur darat, laut, dan udara dari dan menuju Qatar. Alhasil, pesawat-pesawat yang dioperasikan Qatar Airways pun tidak bisa mendarat di Arab Saudi. Padahal, banyak jemaah umrah asal Indonesia yang menggunakan maskapai tersebut.

Menyikapi masalah itu, pemerintah mengalihkan jemaah umrah asal Indonesia ke maskapai lain yang mengoperasikan penerbangan ke Arab Saudi, terutama Riyadh dan Madinah. Kemarin, ada 20 jemaah dari Indonesia yang dipindahkan ke penerbangan Saudia Airlines. Pada Selasa ini (6/6), sebanyak 45 jemaah akan dialihkan ke Garuda Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement