Anggota DPR Isyaratkan Wimboh Calon Kuat Ketua OJK

Miftah Ardhian
Oleh Miftah Ardhian - Desy Setyowati
8 Juni 2017, 15:32
OJK
Katadata | Arief Kamaludin

Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana menggelar pemilihan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Kamis (8/6) malam ini. Sejumlah anggota Komisi Keuangan mengaku belum mendapat arahan fraksi mengenai kandidat-kandidat yang bakal dipilih. Namun, beberapa di antaranya mengisyaratkan Wimboh Santoso sebagai calon kuat Ketua OJK.

Anggota Komisi Keuangan dari Fraksi Partai Nasional Demokrat Jhonny G. Plate mengatakan, Ketua OJK terpilih harus memiliki keunggulan di bidang makroprudensial, kedekatan dengan otoritas fiskal, serta kemampuan membangun hubungan dengan negara lain dan lembaga internasional. Adapun Wimboh dinilainya memiliki kelebihan tersebut.

“Wimboh (punya kelebihan) makroprudensial dan (hubungan dengan) internasional. Terus terang saja, OJK itu harus juga punya hubungan makroprudensial dan (hubungan baik dengan) otoritas fiskal dan dengan lembaga internasional,” kata Jhonny saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/6). (Baca juga: Ikut Seleksi Calon Bos OJK, Wimboh Janjikan Sanksi 'Shock Therapy')

Ia menjelaskan, aspek hubungan baik dengan negara-negara lain menjadi salah satu kualitas yang dicari lantaran Indonesia akan menjalankan kerja sama global pertukaran data secara otomatis (Automatic Exchange of Information/AEoI) terkait pajak. Data yang bakal dipertukarkan di antaranya data nasabah dari industri keuangan yang diawasi oleh OJK.

"Kami akan pilih yang sesuai dengan kebutuhan OJK saat ini. Ada Automatic Exchange of Information yang berarti hubungan kita dengan negara lain (itu penting). Jadi, (akan pilih) yang paham itu," ujar dia. (Baca juga: Saingan dengan Sigit, Wimboh Tepis Tawaran Posisi Selain Ketua OJK)

Meski tampak condong ke Wimboh, namun ia mengatakan baik Wimboh maupun kandidat Ketua OJK lainnya yaitu Sigit Pramono memiliki kualitas dan kelebihan masing-masing. “Bidang-bidang makroprudensial Pak Sigit luas juga,” kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...